TOL JOGJA SELESAI DI 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan, pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen akan rampung di akhir tahun 2023.

Selanjutnya, proyek yang dibagi ke dalam 6 seksi ini dijadwalkan tersambung seluruhnya di akhir tahun 2024.

Informasi itu disampaikan Twitter resmi Kementerian PUPR dikutip Senin (17/10/2022).

Seperti diketahui, jalan tol Yogyakarta-Bawen tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur.



Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat. Dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam.

Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.

Pembangunan proyek jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 km ini dimulai sejak peletakan batu pertama (Groundbreaking) pada Rabu (30/3/2022) di Sleman, Yogyakarta. Dengan nilai investasi berkisar Rp14,26 triliun.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengungkapkan, adanya tantangan tersendiri dalam pembangunan proyek ini. Yaitu, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan dan kawasan cagar budaya. Belum lagi, harus melewati jalur potensi gempa, sungai lahar dingin, hingga wilayah mata air yang harus dijaga.