STOK LPG 3KG AMAN

Dengan kondisi kuota Pertalite dan Solar yang semakin menipis, bagaimana kabar dari stok LPG 3 Kg di dalam negeri? Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Abra Talattov menilai stok untuk LPG 3 Kg diprediksi masih aman hingga jelang akhir tahun ini.

Pasalnya, tingkat konsumsi LPG 3 Kg cukup berbeda jika dibandingkan dengan konsumsi BBM yang mengalami lonjakan. Menurut Abra, penjualan LPG 3 Kg relatif stagnan jika dibandingkan dengan BBM.


Jika dibandingkan tahun 2021, volume kuota LPG 3 Kg untuk tahun ini justru mengalami peningkatan sebesar 3,3%. Realisasi penyaluran LPG 3 Kg pada tahun 2021 sebesar 7,5 juta metrik ton, sementara kuota tahun ini ditetapkan sebesar 8 juta metrik ton.

Abra menyadari terdapat perpindahan atau migrasi dari penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) non subsidi ke LPG melon 3 kilogram Kg atau gas melon. Terutama setelah Pertamina menaikkan harga LPG non subsidi beberapa bulan lalu. Namun demikian, jumlahnya hanya sekitar 2% saja, "Pasca kenaikan non subsidi itu terjadi kenaikan LPG 3 Kg sebesar 2%. Jadi shiftingnya itu terjadi tapi gak besar.