IKN JADI PROYEK STRATEGIS NASIONAL

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa angkat bicara terkait permintaan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Ibu Kota Negara (IKN) sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menurutnya, IKN merupakan proyek besar berskala nasional. Oleh karena itu, pembangunannya sudah mencakup sejumlah PSN.

Dia melanjutkan proyek tersebut saat ini masih tercakup dalam pos-pos belanja kementerian dan lembaga. Menurutnya, kemungkinan mulai 2024 pembiayaannya akan langsung oleh Badan Otorita IKN.

Sebelumnya, Jokowi memerintahkan jajarannya untuk menjadikan proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur menjadi salah satu PSN.

Hal ini ditekankan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam rapat terbatas dengan topik pembahasan Evaluasi Proyek Strategis Nasional yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa kemarin.



Airlangga menyebut keinginan Jokowi untuk menjadikan IKN sebagai PSN terbilang wajar. Dengan menjadi proyek strategis, maka keberlangsungan pembangunan IKN mendapatkan jaminan dan bisa diakselerasi dengan cepat.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan penandatanganan kontrak untuk proyek IKN. Paket pekerjaan mulai dari penyediaan air bersih, konektivitas jalan, hingga pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Direktur Pengadaan Jasa Konstruksi Kementerian PUPR Abdul Muis mengatakan secara simbolis ada 19 paket pekerjaan infrastruktur IKN dengan total nilai Rp 5,3 triliun.