BANDARA KECIL DI INDONESIA SEPI

Pemerintah angkat bicara mengenai fenomena bandara kecil yang sepi bahkan tanpa jadwal penerbangan. Menurut Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, sebelumnya sudah diupayakan kerja sama pemerintah dengan maskapai penerbangan untuk mendukung aktivitas di bandara-bandara tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, terpantau bandara-bandara seperti Bandara Tasikmalaya, JB Soedirman di Purbalingga, Bandara Ngloram Cepu, hingga bandara Trunojoyo Sumenep tidak memiliki jadwal penerbangan usai beroperasi komersial.

Terpantau, saat ini rute-rute pada bandara kecil tersebut masih belum memiliki jadwal penerbangan. Dari Jakarta-Purbalingga, Jakarta-Tasikmalaya, Jakarta-Cepu, hingga Jakarta-Sumenep. Padahal sebelumnya setelah beroperasi komersial rute-rute itu diisi penerbangan dari maskapai seperti Citilink, Wings Air, hingga Batik Air. 

Disampaikan pada wartawan Kamis (1/9/2022), Menurut Nur Isnin saat ini sudah ada upaya dari pihaknya meminta pemerintah daerah dengan maskapai untuk bekerja sama, Salah satunya mengimbau kolaborasi dengan Pemda, Pemda ini sedang upaya. Dari fleksibilitas Pemda itu memungkinkan. Tapi nggak bisa sendirian.

Dia mencontohkan seperti Kabupaten Blora, bisa bekerja sama dengan Kabupaten Ngawi atau Kabupaten Grobogan karena wilayah yang berdekatan.

Purbalingga juga bisa dengan sekitarnya, jadi ini di harapkan bisa menggerakkan kembali. Sama dengan kemarin itu rencananya hari ini ada penerbangan perdana dibantu Pemda di rute Sulawesi Selatan. Intinya dalam pembahasan maskapai penerbangan.