Saat Mudik, BBM Langka di Lintas Sumatera




Para pemudik jalur Lintas Sumatera pada Jumat malam (29/4/2022) mengeluhkan sulitnya mencari Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya jenis BBM RON 90 atau Pertalite dan juga RON 92 atau Pertamax.

Salah satu pemudik asal Jakarta, yakni Maikel menuturkan bahwa pada pukul 23.00 malam, ia bersama dengan keluarganya kesulitan mendapatkan BBM khususnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di daerah Jambi-Muara Bungo.

"Tutup semua. Banyak bensin abis. Dari jam 11 malam nyari Pertamax di SPBU Jambi abis, terus sampai Muara Bungo Pertalite pun abis," terang Maikel kepada CNBC Indonesia, Sabtu (30/4/2022).

Untuk mengganjal bahan bakar kendaraannya, akhirnya Maikel terpaksa membeli BBM dari penjual eceran di pinggir jalan. Namun nahasnya, harga BBM yang dijual di pinggiran jalan itu berkali kali lipat dibandingkan dengan BBM yang di jual di SPBU.

"Baru banget dapat bensin dari penjualan eceran pinggir jalan, Pertalite 5 liter Rp 60 ribu!," ungkap Maikel. Adapun Maikel baru mendapatkan BBM di SPBU di Kabupaten Damasraya, Sumatera Barat.

Maikel menuturkan, berdasarkan cerita dari penjual BBM eceran itu, bahwa BBM yang dijual di SPBU area Jambi - Muara Bungo cepat ludes. "Datang malam, paginya langsung habis," kata Maikel menceritakan.

Menanggapi itu, Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, bahwa sesuai dengan SPBU yang disebutkan itu khususnya di Muara Bungo memang sempay ada keterlambatan pengiriman BBM.

"Namun sudah masuk pasokan, kita telah menambah armada mobil tanki untuk memastikan ketersediaan BBM di semua SPBU," ungkap Irto kepada CNBC Indonesia.

Adapun SPBU nomor 24.372.21 yang berlokasi di Muara Bungo itu, kata Irto, pada 30 April 2022 ini tercatat stok Pertalite mencapai 24.460 Liter dan stok Solarnya mencapai 9.413 Liter.